poin-poin penting bagi konsumen

Poin Penting Bagi Konsumen Produk Elektronik

CONSUMERELEKTRONIK.ID. Poin penting bagi konsumen yang perlu diperhatikan terkait hak dan kewajiban sebagai pemakai produk elektronik rumah tangga. Melalui artikel ini, akan kita kupas poin-poin tersebut agar kita sebagai konsumen menjadi paham dan lebih jelas.

Poin Penting Bagi Konsumen Produk Elektronik Yang Harus Diperhatikan

Sebagai konsumen yang cerdas ditengah banyaknya pilihan produk yang beredar dipasar, sangat perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menentukan pilihan.

Semua brand menawarkan segala keunggulan produknya, mulai dari fungsi, fitur, desain dan lainnya. Juga pelayanan yang mereka harapkan dapat menarik minat calon konsumen.

Berikut adalah poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah produk elektronik rumah tangga.

1. Garansi Produk

Hampir semua atau bahkan bisa kita katakan semua produsen produk elektronik rumah tangga telah memberikan masa garansi atas produk yang mereka jual.

Garansi merupakan salah satu dari poin-poin penting bagi konsumen dalam membeli produk elektronik rumah tangga. Garansi ini diberikan sebagai tanggungjawab produsen dan jaminan akan kualitas produk yang mereka jual kepada konsumen.

Hal yang sering terlewatkan atau bahkan tidak diperhatikan oleh konsumen adalah poin-poin yang tertulis dikartu garansi. Mulai dari masa garansi, perbedaan masa garansi atas item-item tertentu dari produk. Syarat klaim garansi serta kondisi yang bisa membatalkan garansi.

Kebanyakan konsumen baru menyadarinya pada saat produk yang digunakan mengalami masalah.

Secara garis besar, syarat untuk bisa mendapatkan garansi adalah sebagai berikut:

  1. Kartu garansi dan nota pembelian asli harus tersedia.
  2. Kerusakan murni diakibatkan oleh kerusakan produk dan bukan diakibatkan oleh kesalahan pemakaian.
  3. Produk belum pernah direparasi diluar dari Service Center resmi.
  4. Produk masih dalam masa garansi yang umumnya dihitung dari tanggal pembelian konsumen yang ditandai dengan nota pembelian asli.

Garansi akan dianggap batal atau tidak berlaku secara garis besar dengan kondisi sebagai berikut:

  1. Konsumen tidak bisa menunjukkan kartu garansi dan nota pembelian asli. Namun beberapa brand terkadang memberikan kelonggaran berupa salah satu dari kedua dokumen tersebut cukup valid untuk bisa mendapatkan garansi.
  2. Kerusakan produk diakibatkan oleh kesalahan pemakaian atau pemakaian produk diluar dari standar yang telah ditentukan.
  3. Kerusakan produk sebagai akibat dari force major atau bencana alam.

Sebuah ironi yang terjadi dikalangan konsumen kita adalah:

  1. Sering menganggap remeh kartu garansi dan nota pembelian.
  2. Syarat dan ketentuan yang tertera dikartu garansi tidak diperhatikan atau tidak dibaca.
  3. Kartu garansi dan nota pembelian tidak disimpan dengan baik selama masa periode garansi.

Yang perlu dilakukan sebagai konsumen agar hak kita atas garansi bisa dengan mudah didapat adalah:

  1. Simpan dengan baik kartu garansi dan nota pembelian selama masa garansi.
  2. Segera hubungi dan gunakan jasa service resmi yang disediakan oleh brand yang kita beli.
  3. Gunakan produk sesuai petunjuk yang telah disediakan melalui buku manual untuk menghindari terjadinya kerusakan akibat kesalahan pemakaian.
  4. Pilihlah brand yang memberikan masa garansi panjang dan ketersediaan pusat pelayanan purna jual.

2. Ketersediaan Pusat Layanan Purna Jual atau Customer Service Center.

Point selanjutnya adalah Ketersediaan Pusat Pelayanan Purna Jual atau Customer Service Center. Poin ini sangat penting sebagai kelanjutan dari tanggung jawab produsen kepada konsumen.

Meskipun garansi diberikan, namun jika pusat pelayanan purna jualnya tidak tersedia, hal tersebut akan menjadi sia-sia bagi kita sebagai konsumen.

Berikut adalah tipe pusat pelayanan purna jual yang umumnya dijalankan oleh produsen dalam usahanya melayani konsumen:

  1. Direct Customer Service Center (DSC) atau Pusat Pelayanan Purna Jual secara langsung yang dijalankan oleh brand yang bersangkutan.
  2. Authorized Service Center (ASC) adalah perusahaan atau perorangan yang direkrut oleh sebuah brand yang terikat dalam kontrak kerjasama untuk memberikan pelayanan kepada konsumen atas produk yang dijualnya.

Sebaiknya, pilihlah brand yang mengoperasikan pusat pelayanan purna jual secara langsung atau Direct Customer Service Center. Terutama bagi Anda yang berada dikota-kota besar atau ibukota propinsi, sebagian brand telah membuka DSC.

Untuk brand yang mengoperasikan ASC, sebaiknya Anda melakukan survey kecil-kecilan sebelum menjatuhkan pilihan keatas brand tersebut. Hal ini sangat perlu untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan.

3. Kualitas Pelayanan Dari Pusat Pelayanan Purna Jual

Yang tidak kalah pentingnya menyangkut pusat pelayanan purna jual adalah kualitas pelayanan yang diberikan. Poin-poin yang perlu diperhatikan sehubungan dengan hal ini adalah:

  1. Kemudahan akses bagi kita sebagai konsumen dalam menghubungi atau menjangkau pusat pelayanan. Hampir semua brand saat ini telah menyediakan Call Center dengan berbagai opsi kemudahan akses bagi konsumen. Mulai dari Toll Free, WA, email dan lainnya.
  2. Respond pusat pelayanan purna jual dalam menanggapi keluhan kita. Seberapa cepat mereka dalam melayani keluhan, bisa diukur mulai dari laporan kita berikan hingga teknisi datang kerumah.
  3. Seberapa cepat sebuah pusat pelayanan purna jual dalam menyelesaikan komplain yang kita ajukan. Hal ini bisa kita ukur mulai dari laporan kita berikan hingga produk siap kita gunakan sebagai mana mestinya.

Sebuah hal yang menyenangkan bagi kita sebagai konsumen jika pelayanan yang diberikan oleh sebuah brand begitu memuaskan.

Parameter sederhana yang umumnya dipakai oleh konsumen dalam mengukur kepuasan terhadap pelayanan adalah:

  1. Kemudahan akses.
  2. Keramahan call center dalam menanggapi keluhan.
  3. Kecepatan respond dalam menanggapi keluhan.
  4. Keramahan dan penjelasan yang mudah dipahami dari teknisi atas masalah produk atau hal-hal yang ditanyakan oleh konsumen.
  5. Parameter terpenting adalah kecepatan dalam menyelesaikan sebuah keluhan, mulai dari laporan diberikan hingga produk selesai.

Kesimpulan Tentang Poin Penting Bagi Konsumen Produk Elektronik

Ketersediaan Pusat Layanan Purna Jual menjadi sangat penting bagi kita sebagai konsumen. Bagitu juga dimata produsen, sudah seharusnya menempatkan Customer Service sebagai pilar sejajar dengan bagian pemasaran untuk merebut dominasi pasar.

Sebuah produk seberapa bagus kualitas maupun desainnya, tidak bisa menjamin bahwa produk tersebut tidak akan mengalami kerusakan. Meskipun telah melalui rangkaian panjang riset, pengembangan dan quality control yang ketat. Sehingga dibutuhkan adanya garansi dan jaringan pusat layanan purna jual untuk memberikan rasa aman kepada konsumen dalam menggunakan produk.

Kejelian dan kecerdasan konsumen sangat diperlukan dewasa ini ditengah banyaknya pilihan produk. Sehingga tidak menjadi korban iklan atau korban dari bujuk rayu toko yang belum tentu benar.

Demikianlah poin-poin penting bagi konsumen yang layak diketahui dan diperhatikan. Agar kita bisa mendapatkan produk yang disertai dengan garansi dan pelayanan yang terbaik dari produsen.

Share your love

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *